MENGENAL 5 JENIS KAMBING UNTUK AQIQAH YOGYAKARTA

Di zaman yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini, untuk melaksanakan ibadah aqiqah yogyakarta bukan hal sulit. Ini dikarenakan sudah ada banyak layanan akikah di Yogyakarta yang bisa diajak kerja sama. Meskipun begitu, bukan berarti anda bisa memilih layanan akikah begitu saja. Anda tetap harus membuat pertimbangan yang matang terlebih dahulu sebelum melakukan pemilihan layanan akikah tersebut. Sebab belum tentu semua layanan akikah bisa memberikan kepuasan dan keinginan anda.

5 Jenis Kambing Untuk Aqiqah Yogyakarta

Ketika anda ingin melaksanakan ibadah aqiqah yogyakarta, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik terlebih dahulu. Tidak hanya layanan jasa saja yang harus dipertimbangkan. Anda pun juga harus mempertimbangkan konsep acara akikah, jumlah tamu undangan, dan masih banyak lainnya. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika ingin melaksanakan ibadah akikah adalah memilih kambing. Untuk orang yang sudah melakukan ibadah akikah sebelumnya, pastinya tidak akan sulit memilih jenis kambing. Lain hal dengan pasangan baru, tentunya akan sedikit kesulitan memilih jenis kambing.

Berikut ini ada beberapa jenis kambing yang bisa digunakan untuk acara aqiqah yogyakarta. Simak ulasannya juga.

  1. Kambing Kacang

Merupakan kambing lokal dari Indonesia. Untuk jenis kambing yang satu ini pun tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk Yogyakarta. Ciri dari kambing ini adalah memiliki badan ringan dan kecil. Lehernya pendek, telinganya pendek, dan punggung tinggi. Umumnya kambing kacang ini memiliki warna hitam, cokelat dan putih. Bisa juga kombinasi dari ketiganya. Jenis kambing ini banyak digunakan untuk acara aqiqah yogyakarta.

  1. Kambing Etawa

Jenis kambing yang satu ini berasal dari India. Dimana kambing etawa ini merupakan penghasil susu dan kambing pedaging. Kambing jantan tingginya sekitar 90 – 130cm. Sedangkan untuk kambing betina sekitar 92cm. Dengan berat bisa mencapai 100kg untuk kambing jantan dan 60kg untuk kambing betina. Telinga dari kambing ini panjang dan terkulai ke bawah, serta memiliki tanduk pendek. Dari segi harga tentu lebih mahal dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

  1. Kambing Peranakan Etawa (PE)

Adalah kambing yang dihasilkan dari persilangan antara kambing etawa dan kambing lokal (kacang). Ciri-cirinya hampir sama dengan kambing etawa, hanya saja ukurannya lebih kecil. Jenis kambing PE ini pun mulai banyak ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga jika anda ingin menggunakan kambing ini untuk acara aqiqah yogyakarta tentu tidak akan sulit.

  1. Kambing Gibas

Tidak hanya bisa menggunakan ketiga jenis kambing diatas. Jasa akikah juga bisa menggunakan kambing gibas. Jenis kambing ini pun banyak digunakan untuk acara akikah atau kurban. Dari segi harga pun cukup terjangkau, tetapi juga tergantung dari besar kambing itu sendiri.

  1. Domba (Biri-Biri)

Hewan ternak lain yang bisa digunakan untuk aqiqah yogyakarta adalah domba. Untuk domba sendiri berbeda dengan kambing. Dilihat dari perilaku maupun bentuk fisik. Domba memiliki bulu keriting dan biasanya digunakan untuk membuat kain wool. Harga dari domba ini sendiri pun terjangkau, perawatannya mudah, tahan terhadap penyakit, dan memiliki rasa lezat.

Melaksanakan Aqiqah Yogyakarta Yang Baik

Nah itulah beberapa jenis kambing yang bisa digunakan untuk aqiqah yogyakarta. Dengan mengetahui jenis-jenis kambing ini, maka anda tidak akan kebingungan lagi saat pemilihan. Pastikan untuk memilih layanan jasa akikah yang terbaik dalam penyediaan kambing akikah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *