Tips Berpromosi Bisnis di TikTok Supaya Laris Manis

tiktok-bisnis

Digital marketing agency – Sekarang ini promosi produk atau layanan jasa sudah bisa memanfaatkan berbagai media. Salah satu media yang banyak digunakan untuk promosi saat ini adalah media sosial, contohnya TikTok. Meskipun sempat redup beberapa saat di Indonesia, kini TikTok kembali unjuk gigi sebagai media sosial berbagi video dan lainnya. Popularitas yang semakin naik, membuat banyak pemilik bisnis memanfaatkan TikTok sebagai media promosi.

Bagi Anda yang ingin mempromosikan bisnis ke TikTok, ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Buat Akun Bisnis

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun bisnis di TikTok terlebih dahulu. Jika sudah masuk ke aplikasi dan daftar, setelahnya alihkan akun ke akun bisnis. Pilihan terdapat di menu ‘Kelola Akun Saya’. Selanjutnya Anda bisa memasang foto menarik dan tuliskan bio singkat mengenai usaha Anda. Jangan lupa untuk menyertakan website toko atau platform lain yang berhubungan dengan bisnis Anda.

  1. Mengenali TikTok Lebih Dalam

Perlu diketahui bahwa TikTok tidak sama dengan akun Instagram yang biasanya diselimuti nuansa estetik dan penuh gaya. Atau Facebook yang memiliki kesan serius dan tua. TikTok dipenuhi oleh milenial dan generasi Z. Jadi ada baiknya jika memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja dan jenis konten seperti apa yang diminati oleh orang zaman sekarang. Yang harus diingat adalah TikTok identik dengan konten kreatif, jenaka dan bersemangat. Jika ingin berpromosi maka tampilan yang fresh dan menarik.

  1. Fokus membuat Konten

Siapa pun bisa membuat konten, namun jika konten yang dibuat hanya biasa-biasa saja dan tidak ada value. Tentu hal ini akan membuat calon pelanggan sama sekali tidak tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh sebab itulah pembuatan konten yang menarik dan unik sangat diperlukan. Anda harus bisa mempelajari setiap konten yang sedang viral. Dengan begitu, konten yang dibuat akan bisa membaur dengan alami. Jika konten yang dibuat sudah viral, jaga terus kualitasnya supaya follower betah.

  1. Memanfaatkan Fitur di TikTok

Sama seperti platform media sosial lain, TikTok juga memiliki banyak fitur yang bisa dicoba terapkan. Mulai dari filter, effect dan sound. Harus diingat bahwa tidak semua yang sedang viral bisa dipakai. Apabila tidak sesuai konsep bisnis, maka jangan mencoba untuk menerapkannya. Sebab hal ini hanya akan membuat konten yang sudah dibuat tidak relevan. Jangan lupa untuk menggunakan hastag yang relevan supaya semakin dalam menggaet calon konsumen potensial.

  1. Menggunakan Fitur Stich

Fitur di TikTok disediakan untuk memudahkan pengguna dalam merekam dan mengedit video. Namun ada beberapa fitur yang dapat memaksimalkan dalam mempromosikan produk atau jasa. Yakni fitur stitch. Biasanya fitur ini dipakai untuk menanggapi atau menyambung adegan dengan nuansa komedi.

  1. Membuat Hastag Challenge

Seperti yang sudah dibahas sedikit di poin nomor 4, bahwa hastag sangat penting. Selain bisa digunakan untuk merelevansikan konten, hastag juga bisa digunakan untuk challenge. Anda bisa membuat dan meluncurkan hastag challenge yang tujuannya mengundang TikToker memproduksi atau mengulang konten supaya terbangun engagement dan interaksi.

  1. Kerjasama dengan Influencer

Melakukan kolaborasi dengan influencer akan membuat produk atau jasa yang Anda miliki semakin dikenal luas. Namun bekerja sama dengan influencer ini artinya harus rela mengeluarkan biaya untuk membayar mereka. Jika ingin menggunakan influencer, ada baiknya untuk memilih yang tidak sembarangan. Pastikan bahwa influencer tersebut cocok dengan produk atau jasa kita.